Jumat, 30 Desember 2016

AISI: Kalau Ada Razia Motor, Pemotor Suka Melawan Arus

Akhir-akhir ini, kepolisian sering menggelar razia terutama di busway. Pemotor yang sudah kadung masuk ke jalur busway banyak yang nekat melawan arus.

AISI: Kalau Ada Razia Motor, Pemotor Suka Melawan Arus

Dari pantauan detikOto, selama beberapa hari ini, baik sore maupun malam, di sekitar Jalan Warung Buncit menuju Ragunan, Jakarta Selatan, misalnya, sering kali terlihat pemotor yang nekat melawan arus saat mengetahui ada petugas polisi yang melakukan sterilisasi jalur busway.

Tidak jarang para pemotor ini harus adu banteng dengan bus TransJakarta. Busnya terpaksa harus berhenti untuk memberikan jalan kepada pemotor nekat itu.

Ketua Bidang Komersial AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia) Sigit Kumala di Jakarta mengakui adanya fenomena seperti ini. Saat polisi melakukan razia di tempat lain pun, sering kali pemotor berputar arah.

"Penyebab kecelakaan terbesar dari data kepolisian karena tidak adanya SIM, kalau ada razia banyak sekali sepeda motor melawan arus," tutur Sigit.

Kepolisian Republik Indonesia pada September lalu mencatat lebih dari 70.000 kendaraan roda dua terlibat kecelakaan dari periode Januari hingga September. Perhari tercatat sekitar 80 kejadian kecelakaan terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar