Kamis, 15 Desember 2016

Motor Ber-cc Kecil Bisa Kurangi Kecelakaan?

Motor berkapasitas kecil di bawah 100 cc dinilai merupakan salah satu solusi yang bisa mengurangi angka kecelakaan. Soalnya motor kecil ini memiliki daya jelajahnya yang pendek.

Motor Ber-cc Kecil Bisa Kurangi Kecelakaan?

"Cc-nya juga diturunkan di bawah 100 artinya kalau cc kecil kita berharap dia jelajahnya nggak jarak jauh dengan cc besar bisa," kata Pakar Transportasi dari Unika Soegijapranoto Semarang, Djoko Setijowarno dalam diskusi di Jakarta.

Namun menanggapi hal tersebut, Ketua Bidang komersial AISI, Sigit Kumala mengatakan belum tentu cc rendah dapat mengurangi kecelakaan. Ia mencontohkan di China misalnya, motor dengan kapasitas kecil tersebut angka kecelakaannya justru masih tinggi.

"Terkait motor cc kecil di China tapi kecelakaan masih tinggi padahal di sana kendaraannya udah EV (electric vehicle) karena nggak bersuara orang jadi kaget, menurut saya lebih ke perbaiki moral sendiri," tutur Sigit.

Motor ber-cc rendah ini pun kata Sigit sepi peminat di Indonesia, karena kebutuhannya untuk dipakai bekerja dan mengantar anak sekolah.

"Kalau cc rendah gini ya kita mesti lihat survei ke konsumen animonya ada nggak kesana kan nggak banyak kan cc segitu kecil kebutuhannya hanya untuk pemakaian di lingkungan kan ini jelas kebutuhan kan untuk tempat kerja sama nganter sekolah, mungkin ibu-ibu juga nggak mau," jelas Sigit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar