Minggu, 05 Februari 2017

Tiga Mobil Semar UGM Siap Berlaga di Kontes Mobil Hemat Energi

Tiga buah mobil SEMAR Universitas Gadjah Mada (UGM) siap berlaga di Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016. UGM menjadi tuan rumah kontes tahunan ini. Kontes akan digelar pada tanggal 31 Oktober hingga 4 November 2016 di kompleks Candi Prambanan Yogyakarta.

Tiga Mobil Semar UGM Siap Berlaga di Kontes Mobil Hemat Energi

Pada KMHE 2016, Tim SEMAR UGM akan berpartisipasi dalam kategori Urban Concept melalui mobil SEMAR URBAN GASOLINE. Mobil ini mengusung konsep city car 4 roda, berbahan bakar bensin. Selanjutnya kategori Prototype dengan mobil yang diberi nama SEMAR PROTO DIESEL yang berbahan bakar diesel.

Untuk kategori mobil listrik adalah SEMAR PROTO ELECTRIC. Untuk mobil ini adalah yang pertama kali dikembangkan pada tahun ini. Mobil ini menggunakan listrik sebagai penggerak utamanya.

"Dengan motto, 'More Distance Less Energy', tim ini terus melakukan berbagai pengembangan pada mobil untuk meminimalisir penggunaan bahan bakar," ungkap ketua tim Fachmi Al Farizi kepada wartawan di Balairung UGM.

Untuk mobil SEMAR URBAN GASOLINE serta SEMAR PROTO DIESEL lanjut Fachmi, ada perubahan besar dilakukan pada chassis yang kini menggunakan composite material dengan bahan carbon fiber yang mampu mengurangi bobot hingga lebih dari 50 persen.

"PROTO DIESEL tahun lalu berat sasisnya 25 kg sekarang menjadi hanya 8 kg. Kalau yang GASOLINE penurunannya dari 25 kg menjadi 12 kg," kata Fachmi.

Menurut dia, perubahan pada desain sasis ini berpengaruh cukup signifikan terhadap kemampuan aerodinamis mobil serta membuat pemakaian bahan bakar menjadi jauh lebih hemat. Reduksi berat pada sasis serta part mobil memang dilakukan untuk mendapatkan mobil yang lebih efisien. PROTO DIESEL yang menggunakan mesin 210 cc, misalnya, ditargetkan dapat mencapai penggunaan bahan bakar hingga 500 km/liter.

"Kami optimis mampu meraih juara dalam kontes ini dengan persiapan yang baik dan melakukan inovasi dan perbaikan konsep," katanya. (bgs/lth)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar