Jumat, 10 Februari 2017

3 Pelajaran Penting Saat Mau Beli Mobil

Saat tengah berada di showroom mobil, kita dengan mudah diberikan kesempatan untuk melihat mobil yang kita incar, atau juga bahkan mengetes performanya. Tapi bagaimana dengan masalah keandalannya?

3 Pelajaran Penting Saat Mau Beli Mobil

Soal keandalan mobil seperti dilansir situs majalah Consumer Reports sangat sulit untuk kita coba. Tapi pada dasarnya ada 3 prinsip penting yang harus diingat oleh semua orang yang berniat membeli mobil.

1. Jangan Membeli Mobil Karena Merek Saja

Tidak semua kendaraan dalam sebuah merek diproduksi dengan kualitas yang sama. Infiniti misalnya, mereka memiliki produk dengan skor yang baik dalam hal keandalan seperti sedan Q70 atau bahkan skor yang rendah untuk QX60.

Mobil SUV keluaran Ford seperti Ford Expedition memang keren, tetapi Fiesta dan Focus sering kali mengalami masalah.

Merek Jerman, Audi merupakan merek yang selalu masuk dalam top 5 mobil dengan keandalan terpuji tapi, mobil Audi yang kecil yakni A3, sangat jauh di bawah standar.

2. Tunggu Setahun atau Dua Tahun Sebelum Membeli Mobil Baru atau Facelift

Beberapa merek seperti Lexus dan Toyota memiliki line up kendaraan yang secara konsisten cukup andal. Tapi mereka juga kadang meluncurkan mobil yang memiliki masalah.

Misalnya mobil pikap Toyota Tacoma yang kurang bisa diandalkan di tahun pertama pas peluncuran. Atau Ford Escape yang butuh 3 tahun agar keandalannya bisa meningkat.

Saat pabrikan meluncurkan sebuah mobil yang benar-benar baru itu berarti, suku cadang yang baru, sistem yang baru dan masalah yang baru.

3. Kendaraan dengan Sistem Kompleks Berisiko Lebih Banyak Masalah

Anda sebagai pembeli mobil juga harus bijaksana dalam menyikapi sistem baru yang dipasang di kendaraan.

Selama beberapa tahun lalu, Ford memiliki masalah pada sistem infotainmet MyFord Touch dan MyLincoln Touch, juga bermasalah pada sistem transmisi otomasi kopling ganda pada Focus dan Fiesta-nya.

Pemilik mobil Honda dan Acura juga melaporkan adanya masalah pada sistem infotainment dan transmisi. Untuk merek Ford dan Honda, model kendaraan yang memiliki sistem lebih sederhana, justru malah lebih bagus. (ddn/ddn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar