Sabtu, 05 November 2016

Melihat Sisa Kejayaan Overland Model 61 Tahun 1912

Di salah satu sisi sudut sirkuit Surfers Paradise di Gold Coast, Queensland Australia, ada mobil klasik yang menarik perhatian.

Melihat Sisa Kejayaan Overland Model 61 Tahun 1912

Mobil itu adalah Overland Model 61 keluaran tahun 1912. Mobil dimiliki oleh Graham Crittenden. Saat ditemui detikOto dia sedang asyik duduk di mobilnya yang terparkir di bawah pohon rindang. Bersama cucu, anak dan istrinya yang juga terbilang sudah cukup lanjut usia terus tersenyum memandangi mobil kebanggaannya itu.

Mobil berwarna putih yang diberi nama 'WHITEY' itu tampak masih sangat mulus dan bagus. "Seluruh mesinnya masih terjaga dan terawat dengan baik hingga sekarang," ujarnya.

Kendaran dengan starter mesin engkol tangan di bagian depannya itu pun diakuinya terus dirawat karena merupakan satu-satunya sisa kejayaan Overland yang tersisa di Australia saat ini.


Foto: Rachman Haryanto

Jenis mobil touring Overland ini adalah top-of-the-line Overland untuk 1912 dengan Type 61. Bermodalkan silinder dari 45 tenaga kuda kendaraan ini sempat menjadi primadona di zamannya. Ditambah lagi dengan motor empat silinder pada chassis wheelbase 118 inci, mobil ini dibanderol dengan harga sekitar 1.500-an dolar pada masa itu.


Foto: Rachman Haryanto



Sang istri, anak dan cucunya pun mengaku sangat cinta akan mobil Overland yang telah menjadi sejarah mobil masa kini. Willy-Overland Company yang berada di Toledo, Ohio pada tahun 1910 resmi dimiliki oleh Jhon Utara Willys. Perusahaan ini resmi dibeli dan menjadi saksi sejarah atas lahirnya sebuah mobil kebanggaan dan ternama pada masanya selama kurang lebih seperempat abad.

Pada tahun 1912, Overland sendiri menempati posisi nomor 3 dalam penjualannya di belakang Ford dan Buick. Penjualannya pun terus melonjak pada tahun 1913 menempati posisi kedua hingga sampai pertengahan tahun 1920-an.

Kini sisa-sisa terakhir dari kerajaan mobil Overland itu masih tetap ada, yang salah satu pemiliknya adalah Graham Crittenden dengan model 61 tahun 1912 yang diberi nama Whitey.

Orang dibuat penasaran dengan Whitey, mereka mau duduk di mobil Whitey.
Foto: Rachman Haryanto


Mobil yang sempat menjadi favorit dari kerajaan otomotif Willys itu pun masih digemari saat ini. Tapi ia kembali ketika mengusung nama DaimlerChrysler yang memperkenalkan nama Overland untuk paket trim pada 2002-sekarang (kecuali model tahun 2005) Jeep Grand Cherokee.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar